Makanan Pendamping ASI

nit 29 April 2017 13:00:53 WIB

Makanan pendamping ASI mulai diberikan ketika anak berusia 6 bulan. Sebelumnya  selama 6 bulan cukup ASI saja ( asi ekslusif).

Berikut kecukupan energi ASI :

- dari usia 0-6 bukan ASI memberikan seluruh kebutuhan energi anak

- dari usia 6-12 bulan ASI memberikan sekitar setengah kebutuhan energi anak, setengah lagi dari kebutuhan energi itu harus diberikan dari MP ASI

- dari usia 12-24 bulan ASI memberikan sekitar sepertiga kebutuhan energi anak, sisanya harus diberikan dari makanan pendamping.

- disamping memberikan gizi, pemberian ASI bermanfaat untuk memberikan perlindungan kepada anak terhadap berbagai macam penyakit, dan memberikan kedekatan kenyamanan serta kontak yang akan membantu pertumbuhannya.

Pemberian makanan pendamping artinya adalah memberikan makanan selain AKSI ketika bayi sudah berusia 6 bulan. Dan makanan pendamping perlu diberikan bersama ASI untuk mencegah terjadinya stunting/pendek.

Hal hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan MP ASI yakni UFREKJUMTEKVARESBERSIH( Usia,frekuensi,jumlah,tekstur,variasi,responsif,kebersihan).

MP ASI yang baik adalah

Jenis bahan makanan yang beraneka ragam,padat energi protein dan zat gizimikro; tidak berbumbu tajam,tidakenggunakan gula,penyedap rasa,pewarna dan pengawet;mudah ditelan dan disukai anak;mudah dibuat;tersedia di daerah setempat;harga terjangkau dan aman.

Kiat Pemberian makan aktif responsif:

- bersabarlah dan dorong terus anak agar makan lebih banyak

- jika bayi anda menolak untuk makan terus dorong untuk makan, pangkulah bayi anda sewaktu ia di beri makan atau menghadap ke dia kalau ia dipangku oleh orang lain

-Tawarkan makanan baru berkali kali

-Waktu pemberian makan adalah masa masa bagi anak untuk belajar dan mencintai,berinteraksilah dengannya dan kurangi gangguan waktu ia diberi makan

- jangan paksa anak untuk makan

-Bantu anak yang lebih tua untuk makan.

Kebersihan yang dimaksud yakni :

Berilah makanan kepada anak dalam wadah yang bersih; cuci tangan anda dengan sabun sebelumenyiapkan makanan, sebelum makan dan sebelum memberi makan pada anak; cuci tangan anak anda sebelum ia makan.

Demikian tips pemberian MP ASI yang sehat.

Simple dan mudah bukan????

Kuncinya harus sabar,iklas dan penuh kasih sayang.

Salam sehat. (iput)

 

 

Komentar atas Makanan Pendamping ASI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Baleharjo

tampilkan dalam peta lebih besar